...Menjadi Serpihan Dengan Beribu Keutamaan...

26 Juli 2011

Keutaman Orang-Orang Berilmu

Beberapa keutamaan orang-orang yang berilmu dalam Al Qur’an dan Al Hadits :

· “… Niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat ...” (Q.S Al Mujadilah 11)

· Dari Muawiyah ra berkata, Rasulullah saw bersabda : “Barangsiapa yang dikehendaki oleh Allah menjadi orang baik maka ia dipandaikan dalam ilmu agama.” (H.R Bukhari & Muslim)

· Dari Abu Hurairah ra bahwasanya Rasulullah saw bersabda, “Barangsiapa yang menempuh jalan untuk menuntut ilmu maka Allah akan memudahkan baginya jalan ke surga.” (HR. Muslim)

· Dari Abu Hurairah ra berkata, Rasulullah saw bersabda : “Apabila anak Adam (manusia) itu meninggal dunia maka terputuslah segala amalnya kecuali tiga yaitu shadaqoh jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak salí yang mendoakannya.” (HR. Muslim)

· Dari Anas ra berkata, Rasulullah saw bersabda : “Barangsiapa yang keluar dengan tujuan untuk menuntut ilmu maka ia berada di jalan Allah sehingga ia kembali.” (HR. Turmudzi)

· Dari Abu Darda ra berkata : Saya mendengar Rasulullah saw bersabda :”Barangsiapa yang menempuh jalan untuk menuntut ilmu maka Allah memudahkan baginya jalan ke surga. Dan sesungguhnya malaikat membentangkan sayapnya untuk orang yang menuntut ilmu karena puas dengan apa yang diperbuatnya, dan bahwasanya penghuni langit dan bumi sampai ikan yang ada di lautan itu senantiasa memintakan ampun kepada orang yang pandai. Kelebihan si alim terhadap si ‘abid adalah bagaikan kelebihan bulan purnama terhadap bintang-bintang yang lain. Sesungguhnya ulama itu adalah pewaris para Nabi dan bahwasanya para Nabi itu tidak mewariskan dinar dan dirham (kekayaan duniawi) tetapi para Nabi mewariskan ilmu pengetahuan, maka barangsiapa yang mengambil (menuntut ilmu maka ia telah mengambil bagian yang sempurna.” (HR. Abu Daud dan At Turmudzi)

Tidak ada komentar: